Info Pesantren
Selasa, 16 Apr 2024
  • Website Resmi Pesantren Raudhatun Najah Ayo, Ngaji dan Sekolah di Pesantren Raudhatun Najah
6 Maret 2023

Program Studi Sejarah Peradaban Islam (SPI) IAIN Langsa Lakukan Sosialisasi di Pesantren Raudhatun Najah

Senin, 6 Maret 2023 Kategori : Madrasah

Program Studi S1 Sejarah Peradaban Islam (SPI) IAIN Langsa melaksanakan sosialisasi kepada santri Madrasah Aliyah (MA) Raudhatun Najah Kota Langsa, Selasa, 28/02/2023. Kegiatan sosialisasi ini merupakan rangkaian dari sosialisasi kegiatan Program Studi S1 Sejarah Peradaban Islam (SPI) IAIN Langsa yang diagendakan oleh prodi SPI yang dirangkaikan dengan pengenalan profil program studi dan prospek lulusan.

Tim sosialisasi Program Studi Sejarah Peradaban Islam (SPI) IAIN Langsa hadir ke Pesantren Raudhatun Najah dan disambut langsung oleh ketua umum pesantren Raudhatun Najah Dr. T. Wildan, MA. Dalam kegiatan sosialisasi Program Studi Sejarah Peradaban Islam, tim bergerak dan berkerjasama antara dosen dan mahasiswa. Dr. Muhammad Amin, S. Th., MA. selaku ketua Program Studi Sejarah Peradaban Islam (SPI) dan koordinator lapangan mengatakan bahwa tim sosialisasi telah mengunjungi belasan sekolah dan madrasah aliyah di wilayah Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang bahkan sampai melakukan sosialisasi ke wilayah Provinsi Sumatera Utara. Adapun Tim sosialisasi yang hadir ke pesantren Raudhatun Najah diantaranya, Kaprodi SPI Dr. Muhammad Amin MA, Nu’man Idris, M. Ag, Idrus, MA, Sumiati, M. Si dan didampingi 3 orang mahasiswa.

Dalam sambutan pada pembukaan kegiatan sosialisasi Dr. T. Wildan, MA mengatakan “Sejarah dan kebudayaan adalah aset penting dalam pembangunan bangsa. Sejarah dan kebudayaan adalah kekayaan rohani sekaligus bukti eksistensi peradaban setiap bangsa yang rentan hilang terlupakan oleh jaman tanpa peran sejarawan.” Ungkapnya

Kaprodi Sejarah Peradaban Islam IAIN Langsa Dr. Muhammad Amin, S. Th., MA, mengungkapkan “bahwa Program Studi Sejarah Peradaban Islam IAIN Langsa akan mengantarkan mahasiswa menjadi sejarawan dan budayawan muslim yang handal di bidang keilmuan sejarah dan kebudayaan Islam nusantara yang toleran dan peduli wawasan kebhinekaan Indonesia dan Harapan kami prodi sejarah peradaban Islam menjadi pelopor dalam semangat kebangkitan peradaban Islam di Asia tenggara.” Paparnya.

Selanjutnya Dr. Muhammad Amin, S. Th., MA, menyampaikan bahwa “Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa pada tahun ini kembali menerima sebanyak 1.500 mahasiswa baru Tahun 2023 melalui tiga jalur penerimaan. Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), jalur Ujian Masuk (UM) PTKIN, dan jalur Mandiri. Dan beliau merincikan, jumlah mahasiswa baru yang diterima terbagi dari jalur SPAN PTKIN 600 orang, jalur UM PTKIN 600 orang, dan jalur Mandiri 300 orang.

Dr. Muhammad Amin, S. Th., MA, menguraikan Prospek lululusan Program Studi Sejarah Peradaban Islam (SPI), beliau menyampaikan “bahwa lulusan dari prodi SPI ini akan menjadi tenaga pengelola perpustakaan yang komunikatif, professional, handal, competable, religius dan humanis. Diantaranya; Manager in Library, Pustakawan (Pengelola Perpustakaan), Dosen, Designer in Library, Organizer, Peneliti di Bidang Sejarah Peradaban Islam, Perpustakaan, Kurator, Ahli Anilis Penelitian, Sejarahwan, Pekerja Informasi (information worker), Pemerhati di Bidang Sejarah Peradaban Islam dan Perpustakaan, Guru SKI di MTS atau MA, PNS, Asisten Peneliti, Penulis Novel/Buku, Birokrat, Dewan, Jurnalis, Penulis Scenario Film. Dan lain-lain.” Imbuhnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar